Tips Liburan di Alam Terbuka

Tips Liburan di Alam Terbuka

Untuk membuat pikiran agar menjadi lebih fresh dari penatnya kehidupan dan pekerjaan, banyak orang yang memilih untuk pergi liburan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Salah satunya mengunjungi tempat wisata alam terbuka. Dimana keadaan dan suasana alam yang disajikan begitu nyaman dan membuat orang yang berkunjung bisa merasakan betapa nikmatnya melepas penat yang selama ini mengendap di dalam pikiran.

Belibur ke alam terbuka memang merupakan salah satu cara yang ampuh untuk melepas jenuh dan merefress pikiran. Udara yang sejuk serta pemandangan alamnya yang eksotis nan indah, tentu saja akan membuat Anda lupa sekejap akan rutinitas yang membosankan dan penuh tekanan itu.

Agar perjalanan liburan Anda berjalan mulus, aman dan menyenangkan sesuai harapan, tentu saja Anda harus mempersiapkan beberapa hal penting secara matang dari jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Seperti waktu, tiket transportasi, bekal, lokasi tujuan dan hal lainnya.

Dalam menentukan jadwal juga harus pintar dan tepat, agar Anda bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah dengan mengatur jadwal liburan di hari-hari tententu yang biasanya banyak terdapat promo tiket pesawat murah.

Nah, berikut kami bagikan beberapa tips berwisata di alam terbuka yang bisa Anda jadikan referensi. Silahkan disimak dengan baik.

Tips Liburan di Alam Terbuka

1. Persiapkan Kondisi Kesehatan

Sangat penting bagi kita semua jika akan pergi liburan untuk memastikan tubuh dalam kondisi baik. Hal ini penting sebelum memulai perjalanan wisata ke alam terbuka, apalagi tujuan wisata anda nantinya akan menuntut anda mengeluarkan energi ekstra seperti melakukan pendakian, trekking ataupun aktifitas lain yang mungkin sangat menguras tenaga.

Jika Anda sudah lama tidak berkunjung ke alam bebas, ada baiknya Anda lakukan aktivitas fisik rutin terlebih dahulu seperti jogging, dan jenis olah raga sejenis lainnya, sebelum Anda memulai perjalanan ke wisata alam bebas tujuan Anda. Dengan kondisi fisik yang prima, tentunya akan membantu Anda menikmati liburan di wisata alam bebas secara maksimal seperti yang dibayangkan.

2. Membawa Berbagai Peralatan Penting

Ketika akan pergi berwisata ke alam terbuka, dibutuhkan persiapan yang matang dari segi fisik dan mental. Jangan lupa untuk selalu membawa peralatan kotak P3K, kompas dan GPS. Peralatan tersebut akan sangat berguna bagi Anda, jika Anda sudah benar-benar memutuskan untuk melakukan perjalanan di alam terbuka. Bagi Anda yang mengidap penyakit tertentu, bawalah selalu obat-obatan pribadi kemana-mana untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan.

Dengan menyiapkan berbagi peralatan penting, perjalanan Anda akan terasa lebih tenang.

3. Bawa bekal yang cukup

Sudah dipastikan, kita tidak akan menemui warung atau swalayan di tengah-tengah hutan ataupun pegunungan. Jadi, Anda harus membawa bekal persediaan makanan dan minuman secukupnya, karena wisata di alam terbuka tidak tersedia kios-kios penjaja makanan. 

4. Menyewa Pemandu Wisata Profesional

Jika sudah memutuskan untuk mengunjungi destinasi wisata alam terbuka seperti pegunungan atau hutan, sebaiknya Anda meminta bantuan kepada orang yang pernah mengunjungi tempat itu sebelumnya atau sewalah pemandu wisata yang benar-benar sudah memahami dan mengerti kondisi lokasi wisata alam terbuka yang Anda pilih. Hal tersebut diperlukan untuk mengurangi resiko tersesat di alam wisata terbuka yang akan anda kunjungi. 

5. Bersikap Ramah dan Tidak Sembrono

Biasanya, dalam berwisata kea lam terbuka, Anda akan melewati daerah pedalaman dengan penduduk yang masih menganut adat istiadat serta kearifan lokal. Bersikaplah ramah dengan menyapa mereka dan jangan bertindak sembrono. Biasanya penduduk lokal ini pun, akan menjadi terbuka dan tak sungkan-sungkan untuk memberikan bantuan kepada Anda.

Selain itu, daerah-daerah pedalaman juga mempunyai beberapa aturan tertulis yang harus ditaati setiap orang yang berkunjung. Jadi, jangan pernah melanggarnya untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan.